Logo-ISI-Yogyakarta
Loading ...

D4 Animasi

Tentang Kami

Program studi Animasi dibentuk dengan aspek kemanfaatan mengembangkan sumber daya bangsa: baik manusia, alam, budaya, seni dan karakter lokal yang mendunia dan bercirikan ke-Indonesiaan. Hal ini terwujud dalam peran sertanya membangun sumber daya manusia yang kompeten dalam segi keahlian dan berkarakter

Prospek Lulusan

Profil lulusan Program Studi Sarjana Terapan Animasi dirumuskan berdasarkan okupasi yang ada pada klasterisasi keahlian bidang animasi yang terdiri dari kemampuan pengembangan cerita (editorial), kemampuan pengembangan artistik visual, kemampuan pengembangan gerak (motion) animasi, kemampuan teknis animasi, dan kemampuan manajerial. Selain itu profil lulusan juga dirumuskan berdasarkan SKKNI bidang animasi Level 6 yang berlaku, yaitu SKKNI Animasi tahun 2020. Dengan demikian tujuan penyelenggaraan Program Studi Sarjana Terapan Animasi adalah untuk menghasilkan Sarjana Terapan Animasi (S.Tr.Anim.) yang memiliki kemampuan softskill dan hardskill yang seimbang dalam berinovasi sehingga berpeluang menjadi:
1. Perancang pembuatan sistem rangka gerak sebuah karakter animasi (Rigger System Designer)
2. Perancang pembuatan sistem simulasi kerumunan secara otomatis pada produksi efek visual (Crowd Simulation System Designer)
3. Perancang sistem mekanika SLR pada perekaman animasi (SLR System Designer)
4. Perancang dan pemelihara administrasi mekanika kerja teknis dalam produksi animasi (Technical System Admin Designer)
5. Seniman penanggung jawab pengembangan animasi teknik cut-out (3D Animation Development Artist)
6. Seniman penanggung jawab pengembangan animasi teknik cut-out (Puppeteer Development Artist/Cut-Out)
7. Seniman penanggung jawab pengembangan animasi 2D (2D Animation Development Artist)
8. Perancang dan penanggung jawab produksi aset / properti/ karakter/lingkungan/tampilan/ tata letak/konsep visual sebuah produksi animasi (Asset/Property/Character/ Environment/Visual/Look Development/Layout/ ConceptDesigner)
9. Perancang cerita/editor yang bertanggung jawab dalam pengembangan cerita di produksi film animasi (Editorial/Story/Screenplay Designer)
10. Manajer pengelola dan penanggung jawab proses produksi animasi (Animation Production Manager)
11. Perancang semua kebutuhan grafis/visual dalam produksi game (Game Graphic Designer)
12. Perancang pre-visualisasi semua elemen komplek secara visual sebelum dilakukannya proses finalisasi render (PreVis Designer)
13. Perancang antarmuka grafis untuk kebutuhan interaksi manusia dengan sebuah komputer/aplikasi/web (GUI Designer)